, , ,

Membangun Jaringan Wifi Hotspot RT RW Net dengan Modal 1 Juta



Jaringan Wifi Hotspot RT RW Net semakin menyebar kemana-kemana, Bisnis ini banyak diminati karena katanya potensi penghasilannya yang lumayan, dengan bermodalkan mulai dari 1jutaan hingga puluhan juta, tergantung dari alat yang dipakai dan harga paket dari gateway nya.

Disini saya akan share punya saya sendiri yang baru-baru ini saya mencoba untuk membuat jaringan RT RW Net dengan bermodalkan hanya 1juaan, bagaima sob, Tertarik ??? yuk mari lanjutkan...

Hal yang paling utama yaitu persiapan terlebih dahulu, persiapan dalam arti melihat situasi lingkungan kalian, apakah sudah ada wifi hotspot gratisan, dan seberapa minat orang-orang di lingkungan kalian jika ada wifi hotspot dengan harga paket yang murah. Juga tentunya persiapan untuk membeli alat-alatnya.

Kalau poin utama sudah, kalian tentunya harus berlangganan penyedia layanan internet untuk sumber internetnya, ya iyalah masa membangun jaringan wifi hotspot tidak ada sumber internetnya...

Nah.. kalian bisa berlangganan indihome atau biznet atau apa yang sudah ada di kota kalian, coba hubungi sales nya atau lansung ke kantornya untuk tanya-tanya, kalau saya pakai indihome dengan paket yang paling murah.

Kalau sudah berlangganan atau sudah terpasang wifi di rumah kalian, selanjutnya menyiapkan alat-alat nya untuk membuat atau Membangun Jaringan Wifi Hotspot RT RW Net, alat-alat nya apa saja sih ???

  • Mikrotik
Mikrotik disini berfungsi untuk mengatur data internet dari sumber internet ke Access Point untuk di pancarkan ke user, mirotik juga berfungsi untuk membuat userman dan voucher yang nantinya kalian jual ke user. untuk tipe nya terserah kalian mau pakai tipe yang mana, kalau saya menggunakan Mikrotik RB750 r2 hex lite karena harganya nya yang masih terjangkau di kantong saya.

  • Access Point
Access point berfungsi untuk menyebar luaskan wifi hotspot kalian, semakin mahal harganya pastinya semakin luas pula jangkauan wifi hotspot kalian, saya hanya menggunakan router Tenda N301 yang sedikit saya modif untuk di pasang di luar rumah.

  • Kabel UTP
Kabel UTP tentunya harus di beli sob, untuk menyambungkan dari Mikrotik ke Access Point, panjangnya terserah kalian, sesuaikan saja mau di pasang dengan tinggi tiang berapa meter. kalau saya hanya 15meter kabel UTP.

  • POE Injector
POE injector untuk menghubungkan dari arus listrik adaptor ke Access Point nya, jadi penjelasannya begini, Adaptor access point (Tenda N301) kan pendek kabelnya, paling kira-kira hanya 1meteran lah.. nah mau di pasang di atas supaya jangkauan wifi hotspotnya luas, kalian tentunya membutuhkan alat ini untuk menyambung kabel power dan LAN dari Mikrotik ke Access Point.


Harga alat-alat di atas :

Mikrotik RB750r2 hex lite = Rp. 550.000,-
Access Point Tenda N301 = Rp. 175.000,-
Kabel UTP 15 Meter = Rp. 50.000,-
POE Injector 1 pasang = Rp. 25.000,-

Jumlah = Rp.800.000,- Belum termasuk tiang untuk antena access point dan langganan indihome nya.

Setelah alat-alat tersebut di atas sudah ada, disini saya tidak menyebutkan Komputer PC atau laptop, saya anggap sudah ada, karena untuk menyeting tentunya harus ada Komputer PC atau Laptop.

Selanjutnya tinggal Configurasi Mikrotik dan Pemasangan untuk siap di sebarkan ke linkungan rumah kalian.

Untuk configurasi Mikrotik dan Access Point bisa kalian lihat di Youtube, atau nanti di postingan saya selanjutkan saya akan mencoba sharing, Semoga info ini bisa bermanfaat dan jangan lupa tinggalkan komentar di bawah jika ada yang kurang paham. Terimakasih.
Lokasi: Newcyber.NET, Pedukuhan Gandekan, RT003/RW000 Kabupaten Bantul Provinsi, Area Sawah, Trirenggo, Kec. Bantul, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55714, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar