,

Cara Membuat Push Notifications di Blog dengan OneSignal


Kali ini Blog RT/RW Net! akan berbagi Cara Membuat Push Notifications di Blog dengan OneSignal. Apa itu OneSignal? OneSignal merupakan salah satu layanan yang memiliki kemampuan untuk menerapkan fungsi Push Notifications di sebuah website sehingga pengguna yang mengikuti situs tersebut akan langsung mendapatkan pemberitahuan di perangkatnya.

Push Notifications adalah sebuah notifikasi yang akan muncul dimanapun dan kapanpun. Pesan notifikasi ini akan muncul ketika pengguna sudah mengaktifkan pesan ini pada suatu situs yang ia ikuti. Walaupun saat pengguna tidak membuka situs tersebut di browser, pesan tersebut akan tetap muncul sebagai notifikasi ketika ada update artikel di situs tersebut yang berfungsi dengan baik pada perangkat desktop maupun mobile. Fungsinya sama seperti tombol lonceng yang ada di Youtube.


Dengan ditambahkannya fungsi Push Notifications pada blog tentunya akan mendorong lebih banyak lagi pengunjung dan itu akan berdampak positif untuk perkembangan blog sobat. Situs-situs besar pun menggunakan Push Notifications seperti Facebook, Twitter, dan situs lainnya.

Bagi sobat yang ingin memasangnya pada blog, silakan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Membuat Push Notifications di Blog dengan OneSignal

Langkah pertama yang harus sobat lakukan adalah dengan mengunjungi situs OneSignal untuk membuat Push Notifications pada blog. Kemudian klik tombol Sign Up.






Isi formulir pendaftaran dengan Email atau bisa juga dengan login secara langsung lewat akun Github, Facebook, atau Google. Setelah selesai diisi klik tombol Create account.






Konfirmasi link yang dikirim lewat email untuk mengaktifkan akun OneSignal.






Langkah selanjutnya, di halaman https://app.onesignal.com. Klik tombol NEW APP/WEBSITE dan beri nama untuk APP baru.









Setelah diberi nama, pada menu Select Platform pilih Web Push. Kemudian klik tombol Next.






Pada halaman Configure Web Push pilih menu Wordpress Plugin or Website Builder dan pilih Blogger.






Kemudian untuk pengaturan, gulir halaman ke bawah dan isi formulir Blogger Site Setup sesuai dengan blog sobat.






Kemudian gulir kebawah dan klik tombol Add A Prompt, pilih fitur apa saja yang ingin diaktifkan, setelah selesai diatur klik tombol Save.






Setelah semua fitur diatur, gulir ke bawah dan klik tombol Save.






Selanjutnya, tambahkan kode ini di dalam template sebelum </head> atau &lt;/head&gt;&lt;!--<head/>--&gt;.






Setelah ditambahkan di dalam template klik tombol Simpan tema dan klik tombol Finish di halaman OneSignal. Selesai!




Oke, sekian dari Wiki Blog Ku! untuk tips Cara Membuat Push Notifications di Blog dengan OneSignal. Semoga bermanfaat dan wassalam.

0 komentar:

Posting Komentar